--> Apa yang harus dilakukan agar Hubungan Sales dan Marketing dengan Housekeeping Lebih Baik? | Housekeeper Community

Apa yang harus dilakukan agar Hubungan Sales dan Marketing dengan Housekeeping Lebih Baik?

  Hubungan Housekeeping dengan Sales and Marketing Sales and marketing tim di kebanyakan tempat mempunyai empat fungsi yakni : sales, cate...

 


Hubungan Housekeeping dengan Sales and Marketing

Sales and marketing tim di kebanyakan tempat mempunyai empat fungsi yakni : sales, catering, advertizing, dan public relation. Mereka adalah tim yang diharapkan bisa melakukan research marketplace, competing products, guest needs and expectations, dan tentunya membuat sales action plan untuk menarik tamu ke hotel kita.

Dalam beberapa research, alasan yang paling penting tamu kembali menginap di hotel kita adalah cleanliness dan appearance of property kita. Dari research tersebut juga di katakan service / pelayanan yang baik menduduki peringkat terpenting kedua.

Oleh karena itu peran penting dari housekeeping staff untuk memberikan level kebersihan dan service sesuai dengan bahkan melebihi harapan tamu harus selalu  ditingkatkan

Sales dan housekeeping staff diharapkan bisa saling mendukung dalam mencapai tujuan yakni mendatangkan tamu. Apa yang harus dilakukan oleh staff sales agar bisa menjalin kerja sama yang lebih baik dengan housekeeping? Berikut hal -hal yang kiranya dapat membantu hal tersebut:

Apa yang harus dilakukan Sales dan Marketing agar Hubungan dengan Housekeeping Lebih Baik?

  • Hargai orang-orang dari housekeeping department. Tanpa mereka tidak akan ada tamu atau repeater guest.
  • Buat pekerjaan housekeeping lebih ringan. Sebelum konfirmasi potential difficult group, lakukan research tentang group history dengan hotel sebelumnya. Jika hotel sebelumnya merekomendasikan untuk tidak menerima booking nya, jadikan itu sebagai bahan pertimbangan untuk menolak booking difficult group tersebut.
  •  Sebelum konfirmasi booking sebuah group, adakan meeting dengan perwakilan departemen yang akan menghandle group ini. Minta masukan dan support mereka
  • Buatlah kebiasaan yang baik dengan membantu housekeeping saat rush time. Bantu membersihkan kamar, bantu lipat handuk, bantu merapikan trolley. Bekerja dan saling membantu akan membangun teamwork yang lebih baik
  • Jika ada permasalahan selama housekeeping menangani group, pergi langsung ke housekeeping untuk mendapatkan permasalahan sebenarnya. Kebanyakan masalah dapat dipecahkan satu demi satu jika kedua departemen bekerja sama.
  •  Dan ucapkan terima kasih ke housekeeping, departemen yang bekerja di belakang layar suksesnya sales and marketing.

Lalu dari housekeeping, apa saja yang perlu dilakukan agar kerja sama antar kedua departemen berjalan lebih baik.  Simak artikel kami di halaman berikutnya.

[next]


Hubungan Sales and Marketing dengan Housekeeping  

Hampir di setiap hotel kita sering kali mengalami lack of communication yang menyebabkan tamu merasa tidak puas dengan pelayanan kita. Ambil contoh, terkadang housekeeping tidak dapat menyediakan sales staff sebuah showroom yang memuaskan. Atau tidak dapat menyediakan  kebutuhan sebuah group tepat waktu, extra towels, special amenities atau lupa membuka connecting doors.

Apa yang harus dilakukan Housekeeping agar Hubungan dengan Sales dan Marketing Lebih Baik?

Untuk menghindari hal seperti itu, ada baiknya sales  dan housekeeping duduk bersama dan menyatukan visi untuk mencapai target yang ditetap kan oleh management dan owner.

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah memberikan beberapa hal yang bisa dilakukan sales untuk meningkatkan kerjasama dengan housekeeping.

Berikut ini giliran housekeeping yang diharapkan dapat melakukan hal dibawah ini agar kerja sama diantara kedua department bisa berjalan lebih baik.

  • Hargai orang – orang yang bekerja di sales department, tanpa mereka kita tidak dapat mendatangkan tamu
  • Buat pekerjaan sales  lebih ringan, jaga kebersihan hotel. Sediakan kamar showing yang terbaik setiap hari.
  • Saat sales membutuhkan akomodasi untuk group dengan beberapa special request, be positive dan bantu mereka memenuhi bahkan melebihi harapan group tersebut.
  • Undang sales  untuk inspect the hotel / kamar dan minta feedback mereka. Be positif dan terbuka untuk saran mereka
  • Berterima kasih kepada sales yang sudah mendatangkan tamu ke hotel kita.

Ada dua hal yang pasti dalam industry perhotelan, tidak peduli berapa banyak tamu yang didatangkan oleh sales, jika housekeeping tidak melakukan fungsinya dengan baik, tamu tidak akan datang kembali ke hotel kita.

Baca juga: Komunitas Housekeeper Bali Berbagi 775 kg Beras

Dan, tidak peduli seberapa bersih kamar hotel, jika sales tidak melakukan fungsinya dengan baik, occupancy hotel akan jatuh.

Tidak ada yang bisa diperoleh dengan perselisihan kedua departemen ini. Bagaimana pun perbedaan yang mungkin ada dari masing-masing department, mereka harus memahami untuk memberikan dukungan positif ke department lainnya. Jika tidak tamu akan sulit datang kembali ke hotel kita.

 

 

COMMENTS

Name

action plan,1,additional set up,1,Anak Asuh,2,Anniversary,2,audit,2,Bantuan,2,basic service,1,bedding,1,Body Odor,1,budget,1,check list,1,Cleaning,1,common care symbols,1,competition,5,cost,1,Development,27,dewan juri,1,DGo Vespa,1,Dr Arya Wedakarna,1,drycleaning,1,employees,1,Event,27,expedition,1,expenditure,1,EXPO,5,Finance,4,flow chart,1,form,1,formula,1,framework,1,Futsal,12,Hai Puja,1,HCB,1,honey moon set up,1,housekeeping,1,I Ketut Astawa.M.MA,1,inspected,1,Jun Bintang,1,kerak air,1,ketel air,1,Ketut Wiranata,1,Keuangan,1,laundry,5,learning,1,Learning,16,lecture,3,linen,3,lost and found,1,making bed,1,Making Bed Competition,4,manning guide,1,Marble floor,1,modul,1,module,1,news,3,News,25,origami,1,par,1,Pelatihan,1,plan,1,Prize,1,report,1,room,1,room cleaning,1,scheme,1,Seminar,3,sequence,1,service,1,skill,1,smart housekeeper,1,Social,7,SOP,3,sport,1,Sport,11,staff,1,stock,1,strategy,1,supervisor,1,Tips,1,towel art,1,training,7,turnamen,1,Webinar,1,work order,1,
ltr
item
Housekeeper Community : Apa yang harus dilakukan agar Hubungan Sales dan Marketing dengan Housekeeping Lebih Baik?
Apa yang harus dilakukan agar Hubungan Sales dan Marketing dengan Housekeeping Lebih Baik?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6OJe548WTydmPNBdooPkU8CFOnA9rbHLnzosxuNSYjf_PvrXGpwo0XI8h606UnS3IqIFtLYal51Uhz-C1VxnxAxaPXZALMzSgKOkANTFlX7VhjGGz2s-ZLsx2_7Mk5sA51lyNcnS914o/s320/Yang+harus+dilakukan+Sales+dan+Marketing+agar+Hubungan+dengan+Housekeeping+Lebih+Baik.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6OJe548WTydmPNBdooPkU8CFOnA9rbHLnzosxuNSYjf_PvrXGpwo0XI8h606UnS3IqIFtLYal51Uhz-C1VxnxAxaPXZALMzSgKOkANTFlX7VhjGGz2s-ZLsx2_7Mk5sA51lyNcnS914o/s72-c/Yang+harus+dilakukan+Sales+dan+Marketing+agar+Hubungan+dengan+Housekeeping+Lebih+Baik.png
Housekeeper Community
https://www.housekeepercommunity.com/2021/02/apa-yang-harus-dilakukan-sales-dan.html
https://www.housekeepercommunity.com/
https://www.housekeepercommunity.com/
https://www.housekeepercommunity.com/2021/02/apa-yang-harus-dilakukan-sales-dan.html
true
16677425723974762
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content